Memaksimalkan pendapatan hotel

Semenjak dilanda pandemi Covid-19, berbagai industri terdampak cukup parah di seluruh dunia dan sudah bukan rahasia lagi bahwa industri perhotelan adalah salah satu industri yang sangat terdampak. Karena pergeseran kondisi pasar yang tidak dapat diduga akibat pandemi, pelaku bisnis perhotelan dibiarkan bertanya – tanya tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana mengatasi dampak pandemi.

Perlu dibaca: 6 Ways Hotels Can Thrive Amid the COVID-19 Pandemic

Dalam panduan ini, kami akan membantu anda melakukan pivot secara sukses dikala pandemi Covid-19 dengan strategi – strategi cerdas yang telah kami susun untuk membantu memaksimalkan pendapatan hotel Anda.

5 Strategi Pemulihan Industri Perhotelan untuk Pivot secara Sukses dalam New Normal

  1. Mematuhi keselamatan dan protokol kesehatan 
  2. Menawarkan fleksibilitas kepada para tamu
  3. Mengelola secara bijak harga dan opsi pembatalan
  4. Membuat sebuah penawaran yang tidak dapat ditolak para tamu 
  5. Menggunakan strategi penetapan harga yang dinamis (dynamic pricing strategy)

Apa saja yang akan dibahas pada blog ini?

1. Mematuhi keselamatan dan protokol kesehatan

Agar hotel anda dapat bertahan di masa pandemi, Anda harus mengadaptasi new normal (normal yang baru) untuk dapat mendatangkan tamu. Pada saat ini, para tamu memprioritaskan hotel – hotel yang dapat memberikan mereka penginapan yang nyaman dan bebas dari rasa khawatir. Mereka menginginkan hotel yang mengimplementasikan langkah ketat, yang patuh terhadap protokol keselamatan dan kesehatan. Dimulai dengan memastikan bahwa petugas hotel dan para tamu menggunakan masker wajah dan face shields; Menawarkan proses check-in dan check-out yang mengurangi kontak antara satu dengan lainnya; Mengimplementasikan social distancing; Menempatkan alkohol atau pembersih tangan di hotel; Secara rutin menggunakan disinfektan untuk memastikan area publik, knop pintu, dan tombol lift bersih dan; Mempertahankan kebersihan ruang kamar para tamu.

Bagaimanapun juga, prosesnya tidak berhenti di sana. Buatlah para tamu sadar bahwa Anda melakukan langkah – langkah tersebut dan bahwa Anda melakukan yang terbaik untuk memastikan mereka aman. Publikasikan di media sosial mengenai langkah keamanan yang Anda lakukan atau tambahkan informasi ini pada listing online travel agent (OTA) Anda. Dengan begini, para tamu akan merasa yakin dan memilih hotel Anda pada penghujung hari. 

2. Menawarkan fleksibilitas kepada para tamu

Para tamu memilih hotel – hotel yang menawarkan pilihan fleksibel karena mereka tidak ingin berisiko kehilangan uang terutama di saat yang tidak pasti seperti sekarang ini. Itulah sebabnya mengapa para tamu memilih hotel yang memberikan mereka fleksibilitas dalam kebijakan pembatalan. Anda juga dapat memberikan para tamu lebih banyak pilihan mengenai rencana paket makan (meal plans), preferensi pemesanan, preferensi yang berorientasi pelayanan, early check-in/late check-out, dan memberikan hadiah untuk loyalitas pelanggan dan rujukan yang diberikan. Para turis tidak ingin mengambil risiko kehilangan uang mereka sehingga mereka memprioritaskan hotel – hotel yang menawarkan fleksibilitas. 

3. Mengelola secara bijak harga dan opsi pembatalan

Walaupun fleksibilitas dapat mendatangkan Anda tamu-tamu, penting juga untuk mempertahankan keseimbangan antara pembatalan dan kamar yang tidak dapat dibatalkan. Selain itu, Anda tidak akan ingin seluruh tamu Anda membatalkan reservasi pada menit terakhir. 

Dengan kamar yang tidak dapat dibatalkan, Anda memposisikan hotel Anda pada posisi yang kuat. Turis – turis biasanya memesan kamar yang tidak dapat dibatalkan karena harga yang lebih murah. Kamar – kamar yang tidak dapat dibatalkan ditawarkan pada harga lebih rendah daripada harga standar dimana standar kebijakan pembatalan diberlakukan. Jenis harga ini memberikan pelaku bisnis perhotelan pengelolaan pendapatan yang lebih efisien, dengan mengurangi dampak pembatalan reservasi, yang juga memberikan anda arus keuangan lebih baik.

Sedangkan untuk opsi pembatalan gratis, alih-alih membiarkan tamu membatalkan segera, cobalah untuk menunda atau menjadwalkan ulang pemesanan mereka tanpa biaya tambahan. Dengan begini, tidak hanya Anda menjaga reservasi tersimpan, namun juga menunjukkan kepada tamu bahwa Anda peduli.

4. Membuat sebuah penawaran yang tidak dapat ditolak para tamu

Upselling adalah sebuah cara yang bagus untuk pelaku bisnis perhotelan dapat meningkatkan pendapatan. Buatlah paket – paket yang menarik dan penawaran yang tidak dapat ditolak tamu. Dapat berupa paket makanan gratis, layanan antar-jemput gratis, tur gratis, dan diskon eksklusif untuk tamu yang memesan lebih dari satu kamar. Anda juga dapat menawarkan peningkatan jenis kamar dengan sedikit biaya tambahan atau diskon khusus untuk masa inap yang lama (long stays).

5. Menggunakan strategi penetapan harga yang dinamis (dynamic pricing strategy)

Gunakan penetapan harga yang dinamis untuk menyesuaikan tingkat perubahan pasar. Dynamic pricing (harga yang dinamis) memproyeksikan harga yang paling baik tersedia pada waktu yang tepat untuk musim yang tepat dan untuk tamu yang tepat pula. Singkatnya, hal tersebut merujuk kepada penyesuaian secara rutin atas harga kamar hotel berdasarkan permintaan dan penawaran.

Dynamic pricing menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk memonitor target audiens Anda, pola pemesanan mereka, durasi penginapan, preferensi mereka, dan segmentasi hotel Anda untuk menarik tamu – tamu secara maksimum selagi melacak struktur harga pesaing Anda.

Harga yang statis (static pricing), di samping itu, adalah ketika sebuah hotel menetapkan harga kamar yang sama terlepas dari permintaan dan penawaran, dan tren pasar. Strategi ini dapat dikatakan ketinggalan zaman dan berisiko karena tidak memungkinkan hotel Anda untuk menggunakan strategi harga yang menyesuaikan dengan tren pasar, mengancam profitabilitas hotel Anda.

Artikel Terkait: Dynamic Pricing for Hotels: The Fastest & Smartest Way To Increase Revenue

Untuk memastikan penetapan harga secara dinamis ini benar, gunakan perangkat lunak revenue management terpercaya seperti ZEN eManager Express. Software ini menampilkan penetapan harga yang didukung oleh kecerdasan buatan, pembaruan otomatis secara real-time dan analitik mendalam untuk tinjauan kinerja.

Hemat waktu dan berhenti kehilangan uang. Tinggalkan aspek yang paling penting dari hotel Anda untuk ditangani oleh para pakar di industri ini. Biarkan ZEN membantu Anda kembali lebih kuat dan meningkatkan pendapatan Anda. Jadwalkan pertemuan Anda sekarang pada: https://www.zen-hs.com/book-a-meeting/.

Hal yang paling sering ditanyakan seputar upaya mencapai pendapatan maksimal di masa pandemi Covid-19

Q: Bagaimana Saya dapat memaksimalkan pendapatan hotel saya selama pandemi Covid-19?
A: Tamu – tamu menyukai lebih banyak fleksibilitas selama pandemi, sehingga menawarkan rencana pembatalan gratis yang menarik adalah hal yang baik. Tapi Anda tidak ingin seluruh tamu membatalkan di menit terakhir, jadi perhatikan pengelolaan keseimbangan antara pembatalan gratis dan kamar yang tidak dapat dibatalkan. Selalu perhatikan perubahan peraturan dari pemerintah, dan tunjukkan bahwa hotel Anda siap untuk menangani pandemi pada listing OTA Anda. Tawarkan hal – hal gratis untuk menarik para tamu. Dan gunakan dynamic pricing untuk memastikan hotel Anda diberi harga pada rates yang tepat untuk tingkat permintaan yang selalu berubah.

Q: Apa saja strategi – strategi penetapan harga terbaik selama pandemi Covid-19?
A: Selama pandemi, direkomendasikan untuk menggunakan dynamic pricing ketimbang static pricing. Penetapan harga yang statis tidak akan mempertimbangkan perubahan tingkat permintaan karena perubahan ketetapan lockdown oleh pemerintah, dan seterusnya. Sedangkan, penetapan harga yang dinamis dapat membantu Anda mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, sehingga hotel Anda memiliki harga paling kompetitif di antara semua pesaing.

Q: Bagaimana Saya dapat membuat hotel saya bertahan atas permintaan yang rendah selama pandemi Covid-19? 
A: Penawaran harga yang kompetitif ini penting. Dengan kesiapan untuk mengurangi harga ketika tingkat permintaan rendah menjadi krusial karena Anda akan menginginkan meraup seluruh pangsa pasar yang tersedia untuk memastikan bahwa hotel Anda masih menghasilkan uang. Terlambat dalam mengurangi rates Anda akan menjadi bencana besar bagi pendapatan Anda karena pesaing Anda dapat melemahkan Anda dengan menawarkan harga yang lebih rendah. Jadi, penetapan harga dinamis secara otomatis, yaitu ZEN eManager Express, akan membantu Anda melakukannya.

increasing hotel occupancy during low season
a hotelier responding to bad hotel reviews
Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Booking Hotel
Hotel Staff assisting guest Hotel Branding
hospitality industry news in asia
a staff using hotel revenue management software