Benefits of Upselling in Hotels

Dengan kondisi lockdown yang terus menerus, industri perhotelan merasa tertantang untuk membangun kembali bisnis, dan bukan rahasia lagi bahwa periode pemulihan akan sulit bagi pelaku bisnis perhotelan. Tetapi dengan alat yang tepat dan strategi yang dipikirkan dengan matang, para pelaku bisnis perhotelan akan dapat melewati ini. Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan upselling di hotel.

Dalam industri perhotelan, upselling adalah teknik yang bertujuan untuk menjual upgrade pada pemesanan atau reservasi, dengan mendorong para tamu untuk memilih layanan superior dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Upselling adalah salah satu cara terbaik bagi sebuah hotel untuk meningkatkan keuntungan, dan jangan bingung dengan cross-selling, teknik lain yang memiliki cakupan untuk meningkatkan pendapatan, tetapi menjual produk dan layanan pelengkap.

Namun, upselling di hotel adalah sedikit sentuhan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan terutama jika Anda memulai di jalur yang salah. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pendapatan, Anda tidak boleh menganggapnya sebagai tujuan akhir Anda karena dapat membawa Anda ke lebih banyak kerugian daripada manfaat.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami segala sesuatu yang perlu diketahui tentang upselling di hotel, terutama tentang bagaimana Anda dapat berhasil melakukan upsell kepada tamu Anda.

Manfaat dari Upselling

Berikut adalah manfaat utama upselling di hotel yang akan meyakinkan Anda untuk segera melakukannya.

  1. Meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya operasional
  2. Membantu Anda lebih memahami tamu Anda
  3. Meningkatkan kepuasan tamu

Apa yang ada di dalam blog ini?

Memahami Upselling di Hotel

Upselling di hotel adalah teknik yang bertujuan untuk menawarkan peningkatan pada produk atau layanan yang akan meningkatkan pengalaman tamu Anda dan meningkatkan kepuasan mereka.

Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pendapatan hotel terutama jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Seperti yang disebutkan di atas, berfokus pada gagasan menghasilkan pendapatan melalui peningkatan penjualan dapat membawa Anda ke jalur yang salah, mencoba memanipulasi dan memeras segala sesuatu dari tamu Anda.


Manfaat dari Upselling

Upselling adalah cara yang bagus bagi Anda untuk menampilkan layanan dan rangkaian produk Anda, menawarkan lebih banyak opsi kepada pelanggan Anda, yang mungkin tidak mengetahui opsi peningkatan. Dan, pada akhirnya, upselling yang efektif dapat memberi Anda aliran pendapatan tambahan.

1. Meningkatkan pendapatan | Dikurangi biaya operasional

Beberapa tamu terbuka untuk membeli produk yang lebih mahal dari yang mereka rencanakan selama itu mewakili nilai yang baik, itu menambah kenyamanan untuk masa tinggal mereka. Keindahan upselling di hotel adalah memungkinkan Anda untuk meningkatkan pendapatan Anda bahkan tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk kegiatan pemasaran dan strategi lainnya. Dengan upselling, ada profitabilitas yang lebih tinggi melalui peningkatan pengeluaran tamu.

2. Membantu Anda lebih memahami tamu Anda

Upselling mendorong Anda untuk mendengarkan suara tamu Anda, dari keinginan mereka hingga kebutuhan mereka. Dengan strategi ini, Anda akan dapat mengidentifikasi preferensi tamu Anda melalui penawaran yang Anda tawarkan kepada mereka. Dan ketika Anda memiliki informasi itu, Anda akan tahu penawaran yang tepat untuk diajukan kepada mereka saat mereka menginap di hotel Anda lagi. Memahami tamu Anda meningkatkan pengalaman mereka dan meningkatkan kemungkinan retensi pelanggan.

3. Meningkatkan kepuasan tamu

Dengan upselling, Anda tidak hanya menjual untuk mendapatkan keuntungan tetapi untuk meningkatkan pengalaman tamu Anda di hotel Anda. Beberapa tamu mungkin tidak menyadari opsi upgrade di hotel Anda yang mereka pikir tidak mereka butuhkan sejak awal, tetapi sebenarnya mereka membutuhkannya. Melalui strategi ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan tamu Anda meskipun mereka tidak memintanya. Tujuan utama setiap pengelola hotel seharusnya tidak hanya menghasilkan keuntungan tetapi juga memuaskan tamu.


Bagaimana Hotel Dapat Meningkatkan Penjualan kepada Tamunya

Untuk meningkatkan penjualan dengan sukses, hal pertama yang harus diingat oleh para pelaku bisnis perhotelan adalah bahwa tindakan apa pun yang Anda ambil harus menguntungkan tamu terlebih dahulu. Jika Anda meningkatkan kepuasan tamu, ulasan positif akan masuk dan Anda akan dapat membangun hubungan yang baik dengan tamu Anda. Dengan demikian, pendapatan lebih otomatis akan datang setelah itu.

Dalam hal upselling di hotel, waktu, nada, dan pengetahuan tentang tamu Anda adalah segalanya. Berikut adalah cara bagaimana Anda dapat meningkatkan penjualan kepada tamu Anda secara efektif:


Apa yang dapat dijual oleh pelaku bisnis perhotelan kepada tamu mereka?

1. Identifikasi target audiens

Tidak semua tamu cocok untuk upsell, jadi jangan mencoba secara agresif mendorong penjualan produk dan layanan tambahan kepada seseorang yang tidak benar-benar membutuhkannya. Itulah mengapa penting untuk mengidentifikasi target audiens yang tepat untuk upselling. Ini bisa menjadi pelancong bisnis, wisatawan, keluarga, atau berbulan madu. Saat Anda menargetkan audiens yang tepat, Anda dapat menjual produk dan layanan yang tepat kepada mereka.

  • Pasangan: Jual mereka dengan apa pun yang meningkatkan masa inap mereka seperti diskon makan malam di restoran, kamar yang lebih besar dengan pemandangan indah, spa, dll.
  • Keluarga: Upsell kamar tambahan sehingga tidak perlu memesan extra bed. Menawarkan kamar dengan pintu penghubung, check out lebih lambat, dll.
  • Pelancong bisnis: Pelancong ini kurang sensitif terhadap harga karena perusahaan membayar masa inap mereka. Anda dapat menawarkan mereka pengiriman makanan ke kamar mereka, terutama selama pandemi ini, keterlambatan check-out, atau kamar dengan sarapan.

Anda juga dapat memeriksa tamu yang telah menghabiskan pembelian tambahan di masa lalu karena mereka adalah tempat yang bagus untuk memulai penjualan.

2. Tentukan waktu yang tepat

Waktu penting dalam hal upselling di hotel. Menawarkan layanan atau produk pada saat tamu Anda membutuhkannya pasti dapat meningkatkan bisnis Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengirimkan email kepada mereka saat melakukan pemesanan, setelah tiba di hotel atau setelah mereka check-out. Upselling membantu Anda memperoleh lebih banyak pendapatan serta memanfaatkan layanan hotel tambahan Anda.


Layanan dan produk hotel untuk dijual

Baik Anda hotel kecil atau besar, akan ada banyak pilihan untuk ditawarkan kepada tamu. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk upselling:

  1. Upgrade kamar dan kamar dengan fitur khusus (pemandangan panorama, teras, bak mandi, sauna)
  2. Kamar tambahan dengan harga diskon khusus untuk pelancong keluarga
  3. Check out terlambat
  4. Masa inap yang lama dengan harga diskon
  5. Tarif diskon untuk makanan dan minuman di restoran hotel
  6. Layanan spa
  7. Layanan transportasi

Upselling tidak hanya memberikan kepuasan kepada tamu Anda tetapi juga membantu Anda meningkatkan pendapatan. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan secara lebih efektif, Revenue Management Software (RMS) seperti ZEN eManager Express membantu Anda memahami tamu Anda melalui data relevan yang diberikannya seperti pola pemesanan wisatawan dan akan memberi Anda data tentang tamu yang cenderung meningkatkan pemesanan mereka.

ZEN eManager Express menampilkan harga cerdas yang didukung AI, pembaruan otomatis waktu nyata, dan analitik mendalam untuk tinjauan kinerja. Tidak hanya memberi Anda harga yang tepat untuk musim yang tepat, ini juga membantu Anda memantau harga pesaing Anda, meningkatkan penjualan Anda, dan memaksimalkan pendapatan.

Hemat waktu dan tingkatkan pendapatan Anda. Pesan janji temu gratis Anda sekarang di www.zen-hs.com/book-a-meeting/.


Pertanyaan Umum Tentang Upselling di Hotel 

T: Apa artinya upselling dalam industri perhotelan?
Dalam industri perhotelan, upselling adalah teknik yang bertujuan untuk menjual upgrade pada pemesanan atau reservasi, dengan mendorong para tamu untuk memilih layanan superior dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Upselling adalah salah satu cara terbaik bagi sebuah hotel untuk meningkatkan keuntungan, dan jangan bingung dengan cross-selling, teknik lain yang memiliki cakupan untuk meningkatkan pendapatan, tetapi menjual produk dan layanan pelengkap.

T: Apa keuntungan dari upselling?
Ini membantu Anda untuk memahami tamu Anda. Upselling juga merupakan cara yang bagus bagi Anda untuk menampilkan layanan dan rangkaian produk Anda, menawarkan lebih banyak opsi kepada pelanggan Anda, yang mungkin tidak mengetahui opsi peningkatan. Dan, pada akhirnya, upselling yang efektif dapat memberi Anda aliran pendapatan tambahan

T: Apa yang bisa saya upsell di hotel saya?
Itu tergantung pada produk apa yang Anda miliki di hotel Anda. Anda selalu dapat menjual kamar yang lebih besar dengan fasilitas tambahan, yaitu balkon, teras, pemandangan yang indah. Produk tambahan termasuk diskon makan malam atau makanan/minuman, spa, sauna, check-out lebih lambat, diskon menginap lama, dll

T: Kapan saya harus menjual produk di hotel saya?
Anda harus mulai segera setelah tamu menyelesaikan pemesanan mereka. Pengalaman tamu dimulai bukan saat mereka datang ke hotel Anda, tetapi saat mereka menyelesaikan pemesanan mereka. Anda selalu dapat mengirimi mereka email yang menawarkan produk tambahan. Tapi ingat, jangan menawarkan semuanya sekaligus. Tawarkan mereka produk sesuai dengan siklus masa inap mereka, karena mereka tenggelam dalam seluruh pengalaman hotel Anda.

increasing hotel occupancy during low season
a hotelier responding to bad hotel reviews
Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Booking Hotel
Hotel Staff assisting guest Hotel Branding
hospitality industry news in asia
a staff using hotel revenue management software